Minggu, 20 November 2011


I. Pengertian Audit Kinerja
Audit kinerja dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif, dengan harapan dapat melakukan penilaian secara independen atas ekonomi dan efisiensi operasi, efektifitas dalam pencapaian hasil yang diinginkan dan kepatuhan terhadap kebijakan, peraturan dan hukum yang berlaku, menentukan kesesuaian antara kinerja yang telah dicapai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak pengguna laporan tersebut.
II. Key Indocator performance
Indikator kinerja merupakan ukuran kuantitatif dan kualitatif yang mengilustrasikan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan, dengan memperhitungkan indikator:
· masukan (Inputs),
· keluaran (Outputs),
· hasil (Outcomes),
· manfaat (Benefits) dan
· dampak (Impacts).
1. Indikator masukan (Inputs) adalah segala sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran. Indikator ini dapat berupa dana, sumber daya manusia, informasi, kebijaksanaan/peraturan perundang-undangan dan sebagainya.
2. Indikator keluaran (Outputs) adalah sesuatu yang diharapkan langsung dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berupa fisik dan/atau non fisik.
3. Indikator hasil (Outcomes) adalah segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah (efek langsung).
4. Indikator manfaat (benefits) adalah sesuatu yang terkait dengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan.
5. Indikator dampak (Impacts) adalah pengaruh yang ditimbulkan baik positif maupun negatif pada setiap tingkatan indikator berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan.
Indikator kinerja merupakan ukuran keberhasilan yang dicapai oleh setiap Unit Kerja.
III. Proses Pelaksanaan Audit Kinerja
Proses pelaksanaan audit kinerja terdiri dari:
1. Tahapan pengenalan dan perencanaan,
· Menentukan tujuan dan ruang lingkup audit
· Menentukan kriteria-kriteria
2. Tahapan pengauditan,
· Mengumpulkan bukti
· Mengevaluasi temuan
· Menarik Kesimpulan
3. Tahapan pelaporan
· Melaporkan hasil audit yang telah selesai dilaksanakan
4. Tahapan tindaklanjut
Jika tertarik dengan topik ini, mari kita diskusikan bersama!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar