I. Pengertian Audit Kinerja
Audit kinerja dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang
sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif, dengan
harapan dapat melakukan penilaian secara independen atas ekonomi dan efisiensi
operasi, efektifitas dalam pencapaian hasil yang diinginkan dan kepatuhan
terhadap kebijakan, peraturan dan hukum yang berlaku, menentukan kesesuaian
antara kinerja yang telah dicapai dengan kriteria yang telah ditetapkan
sebelumnya serta mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak pengguna laporan
tersebut.
II. Key Indocator performance
Indikator kinerja merupakan ukuran kuantitatif dan
kualitatif yang mengilustrasikan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan
yang telah ditetapkan, dengan memperhitungkan indikator:
· masukan (Inputs),
· keluaran (Outputs),
· hasil (Outcomes),
· manfaat (Benefits) dan
· dampak (Impacts).
1. Indikator masukan (Inputs) adalah segala
sesuatu yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk
menghasilkan keluaran. Indikator ini dapat berupa dana, sumber daya
manusia, informasi, kebijaksanaan/peraturan perundang-undangan dan sebagainya.
2. Indikator keluaran (Outputs) adalah sesuatu
yang diharapkan langsung dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berupa fisik
dan/atau non fisik.
3. Indikator hasil (Outcomes) adalah segala
sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah
(efek langsung).
4. Indikator manfaat (benefits) adalah sesuatu
yang terkait dengan tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan.
5. Indikator dampak (Impacts) adalah pengaruh yang
ditimbulkan baik positif maupun negatif pada setiap tingkatan indikator
berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan.
Indikator kinerja merupakan ukuran keberhasilan yang dicapai
oleh setiap Unit Kerja.
III. Proses Pelaksanaan Audit Kinerja
Proses pelaksanaan audit kinerja terdiri dari:
1. Tahapan pengenalan dan perencanaan,
· Menentukan tujuan dan ruang lingkup audit
· Menentukan kriteria-kriteria
2. Tahapan pengauditan,
· Mengumpulkan bukti
· Mengevaluasi temuan
· Menarik Kesimpulan
3. Tahapan pelaporan
· Melaporkan hasil audit yang telah selesai
dilaksanakan
4. Tahapan tindaklanjut
Jika tertarik dengan topik ini, mari kita diskusikan
bersama!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar