KEBIJAKAN FISKAL
Perdagangan Internasional: meningkatkan
pendapatan di negara asing melalui transaksi barang dan jasa. Syarat
perdagangan internasional:
1. Tidak
melakukan damping (Barang Dumping adalah
barang yang diimpor dengan tingkat Harga Ekspor yang lebih rendah dari Nilai
Normalnya di negara pengekspor)
2. Tidak
melakukan monopoli
3. Memenuhi
standar negara tujuan (barang/jasa)
4. Memenuhi
ketentuan negara tujuan
Tidak ada damping: pasar stabil, harga
normal
Kelebihan monopoli: tidak perlu promosi,
iklan dll. Justru konsumen yang datang
Fiskal bisa didorong kalau perdagangan naik
(tumbuh) dari perdagangan tersebut, yaitu:
1. Menghasilkan
devisa dan menambah APBN
2. Meningkatkan
produk barang dan jasa
3. Mengatasi
pengangguran dan kemiskinan
Saya akan mencoba membicarakan pasar persaingan
sempurna, semoga dapat dipahami dengan baik. Struktur Pasar memiliki pengertian
penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri
seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri,
mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan
industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan
pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli,
monopolistik dan monopsoni).
A. Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan
penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas.
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
1. Jumlah
perusahaan dalam pasar sangat banyak.
2. Produk/barang
yang diperdagangkan serba sama (homogen).
3. Konsumen
memahami sepenuhnya keadaan pasar.
4. Tidak ada
hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
5. Pemerintah
tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
6. Penjual atau
produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah
produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip
dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras,
gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna
:
ü Jumlah
penjual dan pembeli banyak
ü Barang yang
dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
ü Penjual
bersifat pengambil harga (price taker)
ü Harga
ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
ü Posisi tawar
konsumen kuat
ü Sulit
memperoleh keuntungan di atas rata-rata
ü Sensitif
terhadap perubahan harga
ü Mudah untuk
masuk dan keluar dari pasar
B. Pasar Persaingan tidak Sempurna
Apakah masih ada yang perlu kita pahami lebih mendalam
dari bahasan di atas? Jika tidak, saya akan mencoba lanjutkan pembahasan yang
berhubungan dengan pasar persaingan tidak sempurna, di mana pada pasar
persaingan tidak sempurna akan kita bagi pembahasannya ke dalam bahasan pasar
monopoli, pasar oligopoli, pasar duopoli, pasar monopolistik dan monopsoni.
Pasar Monopoli
Arti dari pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi
antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang
berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Ciri-ciri dari pasar monopoli
adalah:
1. hanya ada
satu produsen yang menguasai penawaran;
2. tidak ada
barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
3. produsen
memiliki kekuatan menentukan harga; dan
4. tidak ada
pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa
keunggulan perusahaan.
Anda tentu bertanya mengapa terjadi pasar monopoli.
Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, di antara penyebabnya adalah
sebagai berikut:
1. Ditetapkannya
Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan pemerintah, maka
pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti PT. Pos dan Giro,
PT. PLN.
2. Hasil
pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga
lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan produk
tersebut.
3. Hasil cipta
atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk diproduksi,
yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
4. Sumber daya
alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai oleh
satu daerah tertentu seperti timah dari pulau Bangka.
5. Modal yang
besar, berarti mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan
penguasaan terhadap suatu bidang usaha.
“Coba kita perhatikan apakah di daerah Anda terdapat
perusahaan yang memiliki keadaan seperti yang disebutkan di atas?”
Penjual monopoli belum tentu mendapatkan keuntungan
yang besar, karena mungkin saja struktur biaya produksinya berada di atas harga
pasar yang terbentuk. Seperti kita ketahui pada pasar ini, penjual monopoli
memiliki kemampuan untuk menentukan/ merubah harga. Namun demikian tetap saja
memiliki keterbatasan dalam penetapan harga, karena kalau terlalu mahal maka
orang akan mencari alternatif barang lain.
Apakah Anda sudah memahami penjelasan perolehan laba
maksimum di pasar monopoli? Jika belum coba Anda diskusikan dengan Guru Bina
dan jika telah memahami, Anda bisa melanjutkan pada bahasan berikutnya.
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
·
Hanya terdapat satu penjual atau produsen
·
Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai
oleh perusahaan monopoli
·
Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk
kepentingan hajat hidup orang banyak
·
Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan
undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
·
Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif
pilihan
·
Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses, Tambahan
:
a. Monopsoni
adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja
yang membeli produk yang dihasilkan.
b. Monopoli
adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan
undang-undang anti monopoli.
Pasar Oligopoli
Arti dari pasar oligopoli adalah suatu bentuk
interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen
yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
a. Terdapat
beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
b. Barang yang
diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated
product), seperti air minuman aqua.
c. Terdapat
hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar.
masuk ke dalam pasar.
d. Satu di
antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang
memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar
untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut.
Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar
yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area.
Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia,
industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Sifat-sifat pasar oligopoli :
ü Harga produk
yang dijual relatif sama
ü Pembedaan produk
yang unggul merupakan kunci sukses
ü Sulit masuk
ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
ü Perubahan
harga akan diikuti perusahaan lain
Pasar Monopolistik
Arti dari pasar monopolistik adalah suatu bentuk
interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar
penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar
yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur
persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
Contoh: produk sabun yang memiliki keunggulan misalnya
untuk kecantikan, kesehatan dan lain-lain.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat
banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2. Barang yang
diperjual-belikan merupakan differentiated product.
3. Para penjual
memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
4. Untuk
memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
5. Keluar masuk
pasar barang/produk relatif lebih mudah.
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah
produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana
konsumen produk tersebut berbeda beda antara produsen yang satu dengan yang
lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng,
pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistic :
·
Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang
berbeda
·
Mirip dengan pasar persaingan sempurna
·
Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
·
Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan
merubah harga
·
Relatif mudah keluar masuk pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar